Seminar dan Fieldtrip

Talk Show & Seminar Gemstone (Batu Akik) , Sabtu 25 April 2015

IAGI Smart “Pelatihan Paper & Sharing Pengalaman” ,  Sabtu, 13 Juni 2015

Guest Lecture “Geochemistry & Scholarships Abroad” ,  Sabtu, 20 Juni 2015

Fun Gathering & Fieldtrip Panasbumi Gedong Songo, Ungaran , Sabtu-Minggu, 12-13 Sept 2015


SEMINAR K3, 8 JUNI 2014

K3, atau kesehatan dan keselamatan kerja merupakan bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan dari K3 adalah memelhara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja serta melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen dan orang-orang yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja. Hal ini dinilai sangat penting, terutama bagi seorang ahli geologist yang dalam pekerjaannya dituntut untuk melalui medan yang tidak mudah. Karenanya SM IAGI UNDIP mengadakan kegiatan seminar K3 yang membahas tentang aplikasi k3 dalam industri tambang pada 8 Juni 2014 silam.

Poster Seminar K3, 8 Juni 2014
Poster Seminar K3, 8 Juni 2014

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, dengan narasumber Bapak dr. Baju Widjasena, M.Erg dan Dr.Drs. Suroto,M.pd yang merupakan dosen K3 pada Fakultas Kesehatan Masyarakan Universitas Diponegoro. Kedua pembicara tersebut membawakan materi berupa K3 dengan berbagai aplikasinya di bidang pertambangan serta “hazard” atau bencana yang biasanya terjadi di daerah tambang.

Pada materi yang disampaikan, Bapak Baju Widjasena menerangkan beberapa dasar-dasar k3 yang penting dalam penerapan aplikasi k3 di lapangan kerja, misalnya teori kecelakan. Teori tersebut menerangkan betapa pentingnya peran K3 dalam suatu industri tambang yang meliputi pemenuhan fasilitas-fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) dan juga perlunya penanaman dasar-dasar K3 kepada karyawan sehingga dapat mengurangi angka kecelakan dalam industri tersebut.

Selanjutnya materi kedua mengenai kesehatan dan kebugaran karyawan yang di sampaikan oleh Bapak Suroto. Kebugaran kayawan mempengaruhi hasil dari produksi suatu perusahaan. Apabila kebugaran seseorang baik maka orang tersebut akan memberikan hasil yang maksimal dalam proses produksi, dan juga sebaliknya. Selain itu, fasilitas bukan merupakan salah satu penyebab dari kecelakaan kerja melainkan “Human Error” yang meliputi kesehatan dan kebugaran karyawan juga dapat menyebabkan kecelakaan itu terjadi.  Hal-hal yang disampaikan oleh kedua pembicara tersebut menyadarkan betapa pentingnya kesehatan keselamatan kerja di berbagai bidang industri. Oleh karena itu,  para pengusaha  dan tenaga kerja hendaknya lebih banyak  mengambil inisiatif dalam meningkatkan kinerja K3  di tempat kerjanya masing-masing.


F IELDTRIP PERDANA PHOTOS

penjelasan peta geologi Foto Bersama di STA 1 Kenampakan STA 2, Meteseh

Singkapan di STA 2 penyerahan plakat DSC_3837 DSC_3876 DSC_3891


FIRST EVENT

Workshop and Fieldtrip Sedimentology

Event perdana SM-IAGI Undip. Pesan dan hadirilah 🙂 Banyak ilmu yang bisa didapat pada kesempatan ini!!


LATE PROLOG

Dalam perjalanannya hingga saat ini komunitas Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia telah melangsungkan kegiatan terbuka berupa kuliah umum, fieldtrip, serta kegiatan keanggotaan berupa rapat evaluasi rutin serta olahraga bersama. Pada bulan Mei 2013 lalu Teknik Geologi Undip dengan dikoordinatori SM-IAGI Undip telah melakukan penyuluhan mitigasi bencana pada warga dataran tinggi Dieng yang mengalami bencana gempa bumi pada bulan April 2013. Kegiatan ini dilakukan dengan kerjasama bersama tim MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center), meliputi kegiatan survey lapangan beserta penyuluhan di empat desa, yaitu Desa Pekasiran atas, Desa Pekasiran bawah, Desa Sigemplong serta Desa Kepakisan. Tidak berhenti hanya pada kegiatan mitigasi bencana di dataran tinggi Dieng, kepedulian SM-IAGI Undip dalam hal kebencanaan khususnya di daerah Jawa Tengah masih terus ditunjukkan yaitu dengan turut berpartisipasi memberikan bantuan berupa bahan makanan pada korban bencana banjir di kelurahan Muktiharjo, Semarang dan longsor di kelurahan Trangkil, Semarang pada tanggal 24-27 Januari 2014 silam.

971433_3052153199040_865665306_nMitigasi Bencana Dieng Teknik Geologi Undip

            Tidak hanya berkegiatan memberi bantuan ketika terjadi bencana, SM IAGI Undip juga berupaya meningkatkan kualitas dasar keilmuan geologi untuk mahasiswa Teknik Geologi Undip dengan cara mengadakan fieldtrip di Sungai Banyumeneng bersama Bapak Andang Bachtiar didampingi dosen yaitu Bapak Yoga Aribowo serta Bapak Prakosa Rachwibowo. Upaya peningkatan kualitas dasar keilmuan geologi dalam kegiatan SM IAGI Undip lainnya yaitu pada saat pembuatan paper oleh anggota SM IAGI Undip dengan tema umum aspek sedimentologi  daerah Banyumeneng, sebagai output dari fieldtrip yang sebelumnya dilakukan. Hasil paper kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama oleh anggota SM IAGI Undip. Rencananya kegiatan diskusi ilmu geologi akan dibuat semakin intensif dan sering pada SM IAGI Undip periode selanjutnya.

Fieldtrip SM IAGI Undip bersama Bapak Andang Bachtiar
Fieldtrip SM IAGI Undip bersama Bapak Andang Bachtiar

Untuk kedepannya, SM-IAGI Undip diharapkan mampu menjalankan menjadi wadah untuk mempersiapkan generasi muda di kalangan mahasiswa kebumian khususnya mahasiswa Teknik Geologi Undip, agar dapat menjadi SDM yang memiliki kapabilitas serta semangat merdeka untuk bersaing di dunia global dalam bidang kebumian.

SM-IAGI Undip!!! JIWA MUDA SEMANGAT MERDEKA!!!

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑