SM-IAGI Undip Mengadakan Kuliah Umum “Role of Petrophysicist in Petroleum Industry”

SM – IAGI Universitas Diponegoro pada hari Jumat, 10 Maret 2017 kembali mengadakan kuliah umum. Tema yang diangkat dari kuliah umum yaitu “Role of Petrophysicist in Petroleum Industry”. Pada kuliah umum ini tidak hanya diisi full materi dari pembicara kita Didit Putra Kusuma, S.T yang merupakan Petrophysicist dari Pertamina Hulu Energi ONWJ, melainkan juga ada Talkshow mengenai tema yang dibawakan oleh beliau.

Acara ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama merupakan penyampaian materi oleh Didit Putra Kusuma S.T tentang Peran Petrophysicist dalam industri perminyakan.  Diawali dengan pemaparan mengenai Job Description dalam dunia perminyakan dimana letak petrophysicist sendiri sangat strategis Karena berada diantara kedua bidang yaitu Study dan Operation. Dalam materi tersebut juga dijelaskan mengenai apa yang dilakukan petrophysicist dalam bidang geologi yaitu menentukan karakteristik fasies, sruktur geologi, dan distribusi suatu tubuh batupasir. Dari ke tiga hal yang diperoleh dalam bidang geologi, maka dapat mengetahui dimana tempat bisa dilakukan drilling.

Materi selanjutnya adalah mengenai ilustrasi drilling, kalkulasi petrofisik dan data-data yang diolah seorang petrophysicist. Dalam proses pengolahan data dijelaskan perbedaan data apa yang harus diolah oleh seorang geologi dan seorang geofisika. Dalam Geologi data yang bisa didapat adalah tentang bagaimana kondisi batuan dibawah permukaan seperti stratigrafi batuan, velocitas dan porositas. Sedangkan dalam Geofisika data yang diolah adalah mengenai hasil dari data seismik, dimana dari data seismik tersebut dilakukan kalibrasi dan diidentifiksi fasies seismik sehingga dapat diinterpretasikan kondisi bawah permukaan seperti apa.

Selanjutnya sesi ke dua yaitu tanya jawab yang berlangsung interaktif dimana terdapat tiga pertanyaan mengenai peran geologist dan hal-hal teknis yang dikerjakan oleh seorang petrophysicist. Terakhir sesi ketiga yaitu sesi tambahan yang berupa diskusi mengenai kondisi industri perminyakan saat ini. Pembicara mengungkapkan bahwa dunia industri migas saat ini memang sedang turun. Oleh karena itu, pembicara berpesan kepada para fresh graduate teknik geologi untuk tidak memilih-milih pekerjaan dan hanya mengharapkan pekerjaan di bidang migas. Bidang geologi lainnya pun masih banyak yang masih menjanjikan selain bidang migas dunia industri migas saat ini memang sedang turun.

petrofisik.png

Foto 1. Pamflet acara

asd.jpg

Foto 2. Penyampaian materi oleh Didit Putra Kusuma S.T

 add.jpg

Foto 3. Sesi tanya jawab

 awd.jpg

Foto 4. Sesi foto bersama setelah kegiatan selesai

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑